Wednesday, October 15, 2008

Taufik Kiemas Dilaporkan Agus Condro ke BK

JAKARTA - OkeZone.com

Mantan anggota Fraksi PDIP Agus Condro berencana akan melaporkan Taufik Kiemas ke Badan Kehormatan (BK) DPR karena terlalu sering bolos tidak mengikuti rapat-rapat komisi dan paripurna.

Suami Megawati Soekarnoputri itu dituding Agus Condro hanya datang sekira satu atau dua kali dalam sidang soal rakyat selama satu tahun.

"Saya juga menanyakan bagaimana prosedur laporan ke BK. Saya ingin melaporkan Taufik Kiemas. Supaya ditanya kenapa hampir tidak pernah mengikuti rapat-rapat komisi dan paripurna," ujar Agus Condro usai bertemu staf BK di Komplek DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (14/10/2008).

Pelaporan ini, kata Agus, karena dirinya jengkel melihat Taufik Kiemas selalu absen dalam urusan rakyat. Bukan karena persoalan dendam atau sakit hati.

"Beliau dipilih rakyat untuk mengemban amanat rakyat. Seharusnya beliau datang. Di situ mau ngomong boleh, mau tidur boleh, males-malesan juga boleh. Ini saya bilang supaya BK betul-betul menjaga kehormatan BK, jadi agar tahu," ungkapnya.

Namun, Agus mengaku heran karena presensi Taufik Kiemas dalam berbagai sidang komisi dan paripurna selalu ada tandatangannya. Padahal yang bersangkutan tidak kelihatan batang hidungnya. "Tandatangan dari mana? orang dia jarang-jarang ke sini kok," ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus menegaskan semestinya BK menjalankan fungsinya dengan baik dan tidak hanya mengurusi anggota DPR yang tersangkut kasus tindak pidana korupsi.

"Itu bukan urusannya lagi. Seharusnya BK menangani kasus yang ringan-ringan. Seperti daftar tidak hadir dan memeriksa keuangan kenapa setiap tahun anggota DPR berbondong-bondong ke LN (luar negeri) dan menghabiskan anggaran," harapnya.***