Saturday, October 18, 2008

Pansus Orang Hilang Juga Panggil SBY dan Sutiyoso

Jakarta - detikCom

Pansus Penghilangan Orang Secara Paksa DPR RI berencana memanggil Wiranto dan Prabowo untuk dimintai keterangan terkait kasus penghilangan orang secara paksa pada tahun 1997-1998. Selain nama kedua mantan jenderal tersebut akan dipanggil juga sejumlah nama termasuk SBY dan Sutiyoso.

"Semua sampai ke Danramil bahkan sampai ke Kapolri saat itu, SBY ada, nantikan ada juga Sutiyoso," ujar Ketua Pansus Penghilangan Orang Secara Paksa DPR RI Effendi Simbolon pada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (17/10/2008).

Selain itu mantan Pangdam V Jaya Sjafrie Sjamsoeddin juga akan dipanggil. Selain itu mantan petinggi Kopassus Muchdi PR juga kan dipanggil.

"Ini kan kaitannya dengan mereka yang diculik di Kopassus dulu," ungkap Effendi. Effendi mengungkapkan Pansus hanya membahas apa yang tertera dalam rekomendasi dan kesimpulan Komnas HAM.

"Memang di sana tertera nama-nama itu, jadi kami tidak ada kaitannya bahwa yang bersangkutan sedang berkepentingan dengan urusan politik," pungkasnya.***